21 February 2010

Sekilas Fun Rafting 2

Merupakan salah satu anak sungai dari Cisadane. Berhulu di Gunung Salak, Bogor dan hilir di Laut Jawa, Tangerang. Sungai Cianteun memiliki karakterisktik tersendiri, dengan kontur bebatuan ditambah debit air yang melimpah sehingga layak untuk pengarungan dan olahraga arus deras (Orad).
 
Rafting atau arung jeram, merupakan salah satu cabang dari Orad. Dilakukan di sebuah sungai, dengan syarat mutlak yakni memiliki jeram dengan berbagai variasi grade (I – VI). Indonesia, terkenal dengan banyaknya sungai yang layak untuk arung jera. Juga sebagai salah satu negara di dunia, tujuan olahraga arung jeram. Yang paling terkenal ialah Sungai Asahan, Sumut, dengan Grade mencapai V – VI menjadi sungai idaman bagi penggiat orad. Di Jawa Barat, terdapat beberapa sungai yang layak untuk arung jeram. Diantaranya, Sungai Citarik, Cacatih, Ciberang, Palayang Bandung, Cisadane serta Cianteun.
 
Dalam Boogie Rafting Fun 2 Go to Summit, Sungai Cianteun dipilih berdasarkan kategori tersebut. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta, Bogor, Tangerang maupun Bekasi sehingga memudahkan rekan2 GtS khususnya domisili Jabodetabek.
 
Panjang lintasan dalam pengarungan, kurang lebih sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam. Terdapat sekitar 10 jeram yang dilintasi, dengan grade bervariasi dengan grade antara III – IV (skala VI). Musim penghujan, merupakan waktu yang baik untuk pengarungan. Dengan debit air yang melimpah, memungkinkan untuk mendapatkan pengalaman arung jeram yang sesungguhnya. Tentunya, disamping hal tersebut kewaspadaan menjadi suatu kewajiban apabila terjadi banjir secara tiba-tiba.

Bekerjasama dengan Boogie, GtS berupaya memperkenalkan dan membuat sebuah event arung jeram. Boogie, sebagai salah satu produsen perlangkapan outdoor khususnya arung jeram, layak dijadikan acuan.
 
Secara teknis, keseluruhan peserta akan dibagi dalam sebuah tim. Setiap tim terdiri dari 6 orang dan 1 guide, setiap perahunya. Perahu yang digunakan, berjenis river boat khusus untuk arung jeram. Guide, berfungsi sebagai kapten dalam sebuah perahu. Memberi arahan serta bersiaga dengan keselamatan bagi penumpangnya. Selain itu, terdapat perahu tim Rescue juga bertugas sebagai safety tim, bila terjadi sesuatu hal yang diluar dugaan. PLTA Karacak, dipilih sebagai start point dan Jembatan Cianteun sebagai Finish. Untuk keselamatan dan pendukung, setiap peserta dibekali dengan pelampung, helmet dan dayung. 

 Terima kasih atas keikutsertaannya, jaga diri dan keselamatan, kompak selalu dan selamat berarung jeram ria......caiyoooo

0 komentar:

Post a Comment