10 February 2010

Flock : Browser Social Networking

Flock adalah browser sepupu dari Firefox. Walaupun keduanya memiliki kode dasar yang sama, Flock didisain khusus untuk keperluan menjelajahi situs-situs jejaring sosial (social networking) seperti facebook, friendster, myspace, dsb. Untuk para blogger, flock adalah solusi yang tepat. Blogging jadi lebih mudah dan cepat.
Saat ini flock memiliki 2 versi. Versi stabil 1.2 dan versi 2.0 yang diluncurkan sebagai open beta pada tanggal 16 Juni 2008. Flock 2 dikembangkan melalui kode dasar Firefox 3. Dan saat ini sudah mencapai versi 2.5.6

 

Flock mengintegrasikan diri dengan fitur-fitur jejaring sosial dan layanan media terkenal seperti Facebook, YouTube, Twitter, Flickr, Blogger, Gmail, Yahoo Mail, dsb. Ketika login ke dalam layanan jejaring sosial yang didukung oleh Flock, secara otomatis fitur-fitur jejaring sosial tersebut aktif.

  1. Flock Braid, memberi tahu user pada saat teman kita mengupdate profile, mengupload foto, menambahkan komentar, dan berbagai update lainnya.
  2. Flock memiliki fitur yang mengizinkan kita untuk berbagi teks, link, foto, dan video.
  3. Flock memiliki Feed Reader yang mampu membaca dan mengorganisir Atom dan RSS Feed.
  4. Flock’s Blog Editor mengizinkan kita untuk memposting langsung ke dalam blog tertentu.
  5. Flock’s Web-mail component mengizinkan user untuk memeriksa email web-based yang didukung oleh Flock tanpa harus browsing ke situs email tersebut. Fitur ini mampu melakukan compose pesan baru, drag and drop gambar dan video dari mediabar atau webclipboard ke dalam pesan baru.
  6. Flock’s juga mendukung add-on third party (pihak ketiga), termasuk beberapa Firefox Extensions.
Saat ini Flock tersedia untuk Windows, Mac OS X, dan Linux. Disini saya menggunakan versi Linux.

Itulah sekelumit Tentang Browser Social Networking bernama Flock, berikutnya akan di jelaskan bagaimana menginstall didalam mesin linux. Disini linux yang saya pakai ubuntu 9.10 (Karmic).
  1. Pertama-tama Download dulu Flock disini Pilih sesuai jenis OS yang dipakai disini saya pakai Ubuntu, jadi filenya flock-2.5.6.en-US.linux-i686.tar.bz2
  2. Setelah itu Extrak File download tadi, kedalam folder yang mudah dicapai, biar gampang letakkan saja di /home/username/flock.
  3. Setelah di Extrak, Masuk ke dalam folder tersebut /home/username/flock, perhatikan seluruh folder dan file-file yang ada. Disini nanti kita akan menggunakan folder Plugins dan file flock-browser.
  4. Biar gampang akses penggunaan, kita buat menu khusus Flock di dalam menu Applications->Internet. Caranya Klik kanan menu Applications, pilih Edit Menu  
  5. Pilih Internet, lalu klik New Item, Pada Dialog yang muncul isi sebagai berikut : Name di isi Flock atau bebas asal tahu ini untuk flock, Command pilih lokasi dimana file Flock-browser berada, biar gampang klik browser lalu temukan file nya. /home/username/flock/flock-browser. lalu klik tombol Icon, cari lokasi icon dari flock ( /home/username/flock/icon). lalu Ok.
  6. Sekarang coba lihat di menu Application -> Internet -> Flock apa sudah muncul..kl sudah lanjut ke berikutnya.
  7. Copy seluruh plugin Firefox kedalam Flock, dengan menggunakan console dan perintah berikut sudo ln -s /usr/lib/firefox/plugins /home/username/flock/plugins
  8. Selesai.. Sekarang Flock sudah seperti Firefox dan jangan lupa untuk login ke dalam social networking yang di miliku menggunakan flock.

0 komentar:

Post a Comment